Blog Post :

Sunday, 8 April 2012

Who's the Djinni?

Setelah post-postku yang tidak bisa dibilang penting, akhirnya aku bisa post sesuatu yang tidak bisa dibilang penting lagi. Aku ingin melanjutkan post tentang si Spid, karena dulu aku tidak tahu siapa dia (Si Spid itu) sebenarnya. Oke mulai dari...
Siapakah dia?
  • Family
Jadi, setelah sekian lama mencari gambar-gambar yang mirip (kadang merinding juga lihat gambar-gambar temen Si Spid, apalagi yang dari luar Asia), Aku memasukkan Si Spid ke Family Huntsman Spider (see : ada kata 'Hunt' yang berarti memburu), Sparassidae. Setuju gak? Setuju aja ya...
  • Genus
Lebih detail lagi genusnya. Yang paling meyakinkanku, kalau dicocokkan dengan gambar-gambarnya, Si Spid itu masuk genus Heteropoda. Kalau diartikan secara kasar (read : tanpa kamus), Hetero artinya beda-beda sedangkan Poda (dari podos) artinya kaki. Jadi, heteropoda artinya kaki-kaki yang berbeda (Lhoh?). Peace :D ya Spid.
  • Spesies
Gak yakin sih. Kemungkinan besar Si Spid nama kerennya Heteropoda venatoria.
Kenapa?
Alasan memilih Family Sparassipidae atau Huntsman spider adalah karena kecepatannya yang luar biasa (Ingat kan, post-ku sebelumnya? Dia ngilang waktu aku tidak melihatnya. Sampai hampir aku namai Spid Al-Djinni). Sebabnya, Family Sparassipidae itu keluarga pemburu.
Lanjut soal genus. Karena warnanya yang coklat (Lhoh?) dan gambarnya yang mirip (-_-) ditambah bagian abdomennya lebih besar dari cepallo-thoraxnya, maka masuk dalam genus Heteropoda. 
Kalau nama yang spesies didapat karena Si Spid mirip sama gambar temennya di sini dan juga di sini (Maaf ya kalau gak mirip tapi menurutku itu yang paling mirip).

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar...